Bawa Sabu, Pilot Malindo Air Asal Malaysia Ditangkap BNN Kepri

Gusti Yennosa ยท Sabtu, 30 Desember 2017 - 21:53 WIB
Bawa Sabu, Pilot Malindo Air Asal Malaysia Ditangkap BNN Kepri
Pilot Malindo Air asal Malaysia, Ahmad Saman (tengah) ditangkap petugas BNN Kepri di Bandara Hang Nadim karena membawa sabu dan terbukti mengonsumsi barang haram tersebut. (Foto: iNews.id)

BATAM, iNews.id - Pilot pesawat Malindo Air asal Malaysia, Ahmad Saman bin Sahrudin ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat memasuki ruang kedatangan Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (30/12/2017).

Pilot berkewarganegaraan Malaysia itu ditangkap karena membawa narkoba jenis sabu seberat 1,09 gram yang disimpan di tempat kacamata miliknya. Ahmad Saman juga positif mengonsumsi sabu-sabu.

Kepala BNN Provinsi Kepri Brigjen Pol Richard M Nainggolan mengatakan, penangkapan Ahmad itu setelah petugas BNN melakukan pemeriksaan urine terhadap seluruh awak pesawat di Bandara Hang Nadim, Batam. "Pelaku awalnya menolak untuk dites urine. Pelaku juga tidak mau saat petugas menggeledah barang bawaannya," katanya.

Richard mengungkapkan, saat penggeledahan pilot senior Malindo Air tersebut berusaha membuang barang bukti ke dalam kloset. Saat ini, Ahmad masih menjalani pemeriksaan intensif oleh petugas BNN Provinsi Kepri. "Ya, barang buktinya sempat dibuang, tapi berhasil kita amankan," ucapnya.

Seusai terbukti mengonsumsi sabu, Ahmad Saman kemudian digiring ke kantor BNN Kepri untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Saat dibawa petugas, Ahmad Saman mencoba menutupi wajahnya dari bidikan kamera para wartawan.

Pada razia Bersinar 2017 ini, BNN memeriksa 69 kru pesawat. Mereka terdiri atas 33 kru laki-laki dan 36 kru perempuan. "Dari 69 orang yang kita periksa urinenya hanya pilot Malindo Air yang positif menggunakan sabu," ucap Richard.


Editor : Kastolani Marzuki