Minim Biaya, Ibu Tunawicara di Karimun Ini Melahirkan di Tengah Hutan

Iwan Mohan ยท Rabu, 31 Januari 2018 - 06:49 WIB
Minim Biaya, Ibu Tunawicara di Karimun Ini Melahirkan di Tengah Hutan
Teripah menggendong bayinya yang baru dilahirkannya seorang diri tanpa bantuan tim medis maupun orang lain. (Foto: iNews.id)

KARIMUN, iNews.id – Perjuangan hidup mati dilakoni Teripah (42) warga Desa Pauh, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Ibu tunawicara ini melahirkan putra ketiganya seorang diri di rumahnya yang berada di tengah hutan. Selain tidak memiliki uang untuk membiayai persalinannya, Teripah berjuang seorang diri lantaran jauh dari tetangga.

Teripah bahkan terpaksa melahirkan putra ketiganya di depan pintu rumah pada Sabtu, 27 Januari 2018 sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu suaminya, Yohanes yang juga penyandang disabilitas sedang tidur bersama kedua anaknya. Yohanes pun baru mengetahui istrinya sudah melahirkan setelah bangun tidur.

Saat ini, Teripah mendapat perawatan medis di Puskesmas Desa Moro untuk mengembalikan kondisi kesehatannya lantaran mengalami pendarahan saat melahirkan. Sang bayi pun mendapat perawatan medis.

Bidan Desa Moro, Ema menuturkan peristiwa tersebut baru diketahui tim medis Puskesmas Desa Moro dari suami Teripah. “Ya, suami ibu ini (Teripah) datang ke puskesmas memberitahukan kalau istrinya baru melahirkan,” ucapnya.

Ema mengatakan, kondisi Teripah meski sudah membaik setelah melahirkan namun perlu mendapat perawatan lanjutan di puskesmas karena mengalami pendarahan. "Kita bawa Ibu Teripah untuk dirawat lebih lanjut karena dia banyak mengeluarkan darah setelah melahirkan," katanya.

Setelah mendapat laporan ada warga yang baru melahirkan, petugas Puskesmasdes dan jajaran Muspika Moro berkunjung ke rumah Teripah yang lokasinya berada di tengah hutan. Selain menjenguk kondisi ibu dan sang bayi, rombongan Muspika Moro juga memberikan peralatan dan keperluan bayi mulai selimut, tempat mandi, dan susu formula. “Bantuan sembako dan peralatan bayi ini diharapkan bisa membantu keluarga Ibu Teripah,” kata Kapolsek Moro AKP Donris Pasaribu.


Editor : Kastolani Marzuki