Kapal Tugboat Pradipta Karam di Perairan Natuna, 2 ABK Hilang

Haryanto ยท Sabtu, 26 Mei 2018 - 10:57 WIB
Kapal Tugboat Pradipta Karam di Perairan Natuna, 2 ABK Hilang
Petugas gabungan saat mengevakuasi ABK Kapal TB Pradipta yang karam di Perairan Natuna Pulau Bangka. (Foto: iNews/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.idKapal tugboat (TB) Pradipta yang berlayar dari Tanjung Pandan Belitung menuju Batam karam di Perairan Natuna Pulau Bangka. Kapal penarik tongkang itu memuat sebanyak delapan anak buah kapal (ABK) saat insiden tersebut terjadi, Kamis (24/5/2018).

Informasi yang dirangkum iNews, kecelakaan di laut terjadi saat TB Pradipta yang sedang menarik kapal tongkang dihantam gelombang tinggi. Seketika kapal pun karam hingga akhirnya tenggelam di laut dengan kedalaman sekitar 30 meter.

Sebanyak enam ABK langsung menyelamatkan diri dan berenang menuju Kapal Tongkang, sedangkan dua lainnya hilang di tengah laut. Informasi atas insiden tersebut kemudian dilaporkan untuk mendapat bantuan. Para ABK sempat terombang ambing di laut lepas hampir dua hari.

Mendapat informasi adanya kapal tenggelam di Perairan Natuna Pulau Bangka, petugas SAR gabungan langsung menuju titik lolasi dan menyisir kordinat lokasi kapal. Mereka akhirnya menemukan tongkang milik PT Cahaya Pradana Trans Alam, serta enam ABK yang selamat dari kejadian maut di atas kapal tersebut.

“ABK yang selamat kami evakuasi ke Pelabuhan Poliarud. Untuk dua yang masih hilang akan kami teruskan pencarian,” kata Kasub Ops Pencarian dan Pertolongan Basarnas Pangkalpinang, Kornelius, Jumat (25/5/2018).

Sabtu (26/5/2018) hari ini, pencarian oleh petugas gabungan kembali dilanjutkan. Fokus pencarian masih di seputaran lokasi kapal tongkang yang mereka temukan sebelumnya.


Editor : Donald Karouw